Angka-angka Jelang MotoGP Jerman

Angka-angka Jelang MotoGP Jerman - Peta persaingan di antara para pembalap MotoGP kian sulit diprediksi setelah pembalap Yamaha, Valentino Rossi memenangi MotoGP Belanda, pada 29 Juni lalu. Dan, mereka pun akan kembali mengadu kecepatan pada seri kedelapan musim 2013 ini di sirkuit Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini.


Jelang gelaran di sirkuit yang kerap menyulitkan beberapa pembalap tersebut, ada beberapa fakta menarik yang dibalut dalam angka, sebagaimana dilansir situs resmi MotoGP, Kamis (11/7/2013):

4.646 - Kemenangan Valentino Rossi pada seri sebelumnya di Assen, total poin yang sudah didapat Rossi sepanjang kariernya di grand prix simetris dengan nomor motornya, 4646!

44 tahun - Pada hari di mana dilangsungkan kualifikasi MotoGP Jerman, tepat 44 tahun sejak Dave Simmonds memenangi 125 GP di sirkuit Sachsenring lama pada 1969, dia menjadi rider pertama yang memenangi kejuaraan dunia dengan motor Kawasaki.

24 - Sebelum MotoGP Jerman, pada 24 balapan sebelumnya, salah satu dari Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa selalu menempati podium. Terakhir kali tak ada salah satu dari mereka yang naik podium adalah pada 2011 di Valencia, saat Casey Stoner finis pertama, Ben Spies kedua, dan Andrea Dovizioso ketiga.

23 - Pada hari pertama sesi latihan di MotoGP Jerman, tepat 21 tahun sejak Eddie Lawson memenangi GP 500 Hungaria, dan memberi Cagiva kemenangan grand pria pertama.

11 tahun - Pole position yang diraih Cal Crutchlow pada MotoGP Belanda lalu merupakan yang pertama bagi pembalap asal Britania Raya di kelas utama, sejak Jeremy McWilliams di GP Australia pada 2002.

7 - Posisi start ketujuh yang diraih Aleix Espargaro pada MotoGP Belanda lalu merupakan yang terbaik yang pernah diraih oleh pembalap CRT.

5 - Posisi kelima yang diraih Jorge Lorenzo pada MotoGP Belanda lalu merupakan ketiga kalinya dia finis di luar empat besar. Sedangkan dua lainnya adalah saat dia finis keenam pada MotoGP Belanda 2011, dan saat finis ketujuh pada MotoGP Prancis tahun ini.

3 - Tempat ketiga yang diraih Cal Crutchlow pada MotoGP Belanda lalu membuat dirinya menjadi pembalap asal Britania Raya pertama yang naik podium tiga kali (sebelumnya Crutchlow naik podium pada MotoGP Prancis dan Italia) dalam satu musim, sejak Ron Haslam pada 1985.