6 Hal Yang Menjadikan Google Lebih Baik Dibandingkan Apple

6 Hal Yang Menjadikan Google Lebih Baik Dibandingkan Apple - Nama besar Google dan Apple telah dikenal luas sebagai perusahaan teknologi kenamaan di dunia. Namun siapa sangka jika perusahaan yang mengawali debut dengan fokus berbeda kini terus bersaing ketat menelurkan tekolog-teknologi terkini.


Jika Google mengawali kesuksesan sebagai perusahaan pencarian, maka Apple justru mengawalinya sebagai pembuat komputer Apple 1. Kini keduanya telah memasuki perngkat mobile dan saling bersaing satu sama lain.

Google terhitung sukses dengan menghadirkan sistem operasi open source, Android yang banyak diadopsi oleh sejumlah produsen tablet dan smartphone. Tak mau kalah Apple pun mengembangkan sistem operasi iOS yang disematkan khusus untuk perangkat besutannya seperti iPhone, iPad dan iPod touch.

Meskipun sama-sama pembesut teknologi teranyar, Google dapat disebut memiliki teknologi yang jauh lebih baik dibandingkan Apple. Berikut 6 hal yang menjadikan Google lebih baik dibandingkan Apple seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Android vs iOS

Sebagai sistem operasi yang bersifat terbuka, perkembangan aplikasi berbasis Android jauh lebih banyak dibandingkan perangkat berbasis iOS. Berdasarkan data IDC 80% smartphone yang beredar di pasaran merupakan Android, sementara iOS hanya sebesar 13% di seluruh dunia.

Kedua sistem operasi ini juga disematkan dalam perangkat ponsel pintar dan tablet. Tablet yang menggunakan sistem operasi Android lebih dominan mencapai 62%. Sementara Apple hanya mengandalkan iPad yang pangsa pasarnya hanya sebesar 33%.

2. Asisten Berbasis Perintah Suara

Apple memang telah lebih dahulu menghadirkan asisten berbasis perintah suara, Siri. Namun Siri banyak dikeluhkan oleh pengguna dan dianggap tidak mampu mendeteksi apa yang dimaksud oleh sang pemiliki perangkat.

Sementara Google baru pertama kali menghadirkan Google Now di smartphone Motorola Moto X. Google Now disebut lebih berguna dan akurat dibandignkan Siri. Google Now juga bisa dioperasikan tanpa mengharuskan sang pengguna menggenggam ponsel.

3. Aplikasi Peta

Selain merilis sistem operasi, keduanya juga mengembangkan aplikasi peta yang dilengkapi dengan fitur navigasi. Namun taukah Anda jika ternyata aplikasi peta besutan Google dinilai lebih akurat dibandingkan aplikasi peta milik Apple.

Bahkan sangking tidak akuratnya, salah seorang pengguna pernah tersasar hingga ke lapangan terbang dan tim pemadam kebakaran di Sidney juga mengalami hal serupa akibat menggunakan Apple Map.

4. Layanan Cloud Computing

Memasuki era komputasi awan, keduanya pun menghadirkan media penyimpanan cloud computing yang bisa diakses di beragam device kapan pun dan dimana pun. Menariknya meskipun sama-sama merilis layanan cloud computing gratis namun Google menyediakan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan Apple.

Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan hingga 15 GB, sementara Apple iCloud hanya menyediakan kapasitas 5 GB.

5. Sinkronisasi Data dan Layanan

Meskipun keduanya memiliki layanan yang terhitung banyak dan lengkap, namun untuk kemampuan sinkronisasi data Google jauh lebih baik dibandingkan Apple. Anda yang memiliki akun Gmail juga bisa langsung terhubung dengan layanan Google lainnya seperti Calendar, Google +, Drive, GTalk, dan layanan lainnya.

Browser Google Chrome memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan Safari dalam perangkat Apple. Saat Anda menggunakan Chrome di perangkat notebook, semua history pun langsung tersinkronisasi dalam perangkat mobile dan perangkat lainnya yang juga menggunakan Chrome. Anda tidak akan menemukan pengalaman serupa jika menggunakan Safari.

6. Pembesut Tablet dan Smartphone

Selain mengembangkan layanan dan sistem operasi, Google dan Apple sama-sama mengembangkan perangkat tablet dan smartphone. Dengan mengusung seri Nexus, Google pun sukses menggandeng beberapa mitra untuk mengembangkan perangkat pintar.

Hal demikian juga dilakukan Apple yang merilis iPhone, iPad, dan iPad mini. Bedanya, perangkat seri Nexus milik Google selalu dibanderol lebih murah dibandingkan perangkat besutan Apple. Sebagai ilustrasi, Google Nexus 4 dibanderol hanya USD 199, sementara iPhone 5S seharga USD 649 dan keduanya dengan sistem tanpa kontran operator.

sumber :liputan6.com