Ini Tiga Partai Besar Pemilu 2014 Versi LSI

Ini Tiga Partai Besar Pemilu 2014 Versi LSI - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan akan ada tiga partai besar pada Pemilu 2014, yaitu Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Demokrat.


"Jika pemilu dilaksanakan pada hari survei dilaksanakan survei, maka tiga partai teratas dalam perolehan suara berturut-turut yaitu, Golkar 20.4 persen, PDIP 18.7 persen dan partai Demokrat 9.8 persen," kata Peneliti LSI Adjie Alfaraby, Minggu (20/10/2013).

Adjie menambahkan, selain partai tersebut, selebihnya memperoleh suara dibawah 10 persen dan menjadi partai kecil dan menengah. Partai Gerindra 6.6 persen, Partai Amanat Nasional 5.2 persen, Partai Persatuan dan Pembangunan 4.6 persen, Partai Kebangkitan Bangsa 4.6 persen, dan Partai Keadilan Sejahtera 4.4 persen.

"Hanura (Hati Nurani Rakyat) 3.4 persen, NasDem (Nasional Demokrat) 2 persen, PBB (Partai Bulan Bintang) 0.6 persen dan PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia) 0.3 persen," lanjutnya.

Adjie menambahkan, dari ketiga partai besar tersebut, Golkar dan Demokrat cenderung mengalami penurunan, namun Golkar masih mampu bertahan di puncak atas. Sedangkan Demokrat dari tahun ke tahun terus merosot hingga dibawah 10 persen.

sumber :inilah.com