Jelly Bean Kuasai Separuh Sistem Operasi Android

Jelly Bean Kuasai Separuh Sistem Operasi Android - Adopsi sistem operasi Jelly Bean terus merangkak naik. Sistem operasi Jelly Bean yang dirilis dalam versi 4.1 - 4.3 kini hampir mendominasi jumlah pengguna Android.


Hingga awal Oktober, tercatat ada sekitar 48,6% pengguna smartphone dan tablet yang telah mengadopsi Android Jelly Bean. Ada beberapa fakta menarik terkait dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna Android Jelly Bean yang diketahui dari jumlah pengunduh aplikasi di Google Play Store.

Android versi 4.1 ternyata masih mendominasi pengguna Jelly Bean secara keseluruhan. Hal ini menandakan bahwa pertumbuhan Android versi 4.1 Jelly Bean masih relatif sama dengan bulan lalu yang mencapai 36,6%.

Sementara itu pangsa pasar perangkat dengan Android 4.2 dan 4.3 hingga saat ini masih cenderung datar. Sedangkan sistem operasi lawas seperti Froyo (v2.2), Gingerbread (v2.3), dan Ice Cream Sandwich (v4.0) saat ini telah mengalami penurunan pangsa pasar.

Menurut yang dilansir laman Phone Arena, Jumat (4/10/2013), hal serupa juga terjadi dengan sistem operasi Honeycomb (v3.0) yang sengaja ditujukan untuk perangkat tablet. Saat ini Honeycomb hanya diadopsi sebanyak 0,1%.

Dengan kehadiran sejumlah handset baru yang telah mengadopsi Android 4.3 seperti Samsung Galaxy Note 3, bukan tidak mungkin jika popularitasnya akan semakin meningkat. Terlebih beberapa handset juga telah menyediakan update Android 4.3 dalam beberapa pekan terakhir.

sumber :liputan6.com