Kisah Piton Telan Orang Diyakini Hoax

Kisah Piton Telan Orang Diyakini Hoax - Foto menampilkan ular piton bertubuh menggelembung seperti habis menelan manusia menggemparkan dunia maya beberapa hari terakhir. Fakta atau hoax?


Alkisah seorang pria mabuk di jalanan India kabarnya ditelan hidup-hidup oleh seekor ular piton. Foto ular tersebut dengan perut menggelembung besar menyebar luas di internet dan banyak diberitakan media di luar negeri.

Namun penelusuran kebenaran ceritanya berujung pada kesimpulan kisah tersebut hoax. Atau jikapun benar terjadi, kisah sebenarnya tidak seperti itu dan kejadian aslinya sudah berlangsung sejak lama.

Kisah pria ditelan ular piton ini pertama kali disebarkan di Twitter via akun @mvnair212 yang berkicau tentang kisahnya, dan mendapatkan puluhan ribu retweet pada 27 November 2013.

Meskipun banyak diberitakan, faktanya tidak ada yang berani mengonfirmasi keaslian ceritanya, kecuali satu media asal Rusia, Pravda.ru.

Dari penelusuran lebih lanjut yang dilakukan News.com.au ternyata diketahui foto ini sudah beredar sejak lama di internet dengan kisah beragam.

Kisahnya menyebar dari mulai menelan seorang perempuan di Afrika Selatan, memakan balita di Malaysia, hingga melahap seorang pria ketika terjadi banjir di Jakarta.

Masih belum jelas apa atau siapa sebenarnya yang ditelan oleh ular piton dalam foto ini. Namun, melihat kesimpang-siuran kisahnya, sepertinya jawabannya tidak akan pernah ditemukan.

Bagaimana menurut Anda?

sumber :inilah.com