Inter vs Milan: Perang Saudara di Akhir Tahun

Inter vs Milan: Perang Saudara di Akhir Tahun - Stadion Giuseppe Meazza kembali menjadi saksi bisu dari pertarungan terakbar di kancah Serie A. Pada Senin (23/12/2013) dinihari WIB, laga sengit yang mempertemukan Inter Milan kontra AC Milan akan digelar di stadion yang sudah berusia 87 tahun tersebut.


Kedua tim dikenal memiliki rivalitas tingkat tinggi. Meski kerap melakukan pertukaran pemain, baik Inter maupun Milan diyakini akan bertarung mati-matian demi mempertahankan gengsi sekaligus menentukan siapa yang berhak disebut sebagai penguasa kota.

Musim ini, Inter sedikit lebih baik. Dengan ditangani pelatih sekelas Walter Mazzarri, mereka untuk sementara mampu bertengger di peringkat lima klasemen. Setelah melakoni 16 pertandingan, Inter berhasil mendapatkan 28 poin unggul sembilan angka dari Milan yang saat ini tertahan di posisi 12.

Kendati demikian, catatan Inter tidak selalu lebih baik dari Milan. Dari 46 pertemuan terakhir, Inter hanya bisa menang 17 kali. Sedangkan Milan, mereka mampu mengamankan 18 kemenangan dan 11 laga lainnya diakhiri dengan hasil imbang.

Catatan lima laga terakhir Inter juga tidak terlalu bagus. Dari lima kesempatan, mereka hanya meraih sekali kemenangan. Sisanya, Inter kalah sekali dan imbang tiga kali.

Milan juga mengantungi catatan yang kurang mengesankan. Namun mereka sedikit lebih baik karena mampu terhindar dari kekalahan di lima laga terakhirnya. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu berhasil mencatatkan dua kemenangan dan tiga hasil imbang.

Namun untuk kali ini, Inter sepertinya lebih percaya diri. Mereka yang akan bertindak sebagai tuan rumah diyakini akan tampil menekan sejak peluit pertama dibunyikan. Dengan mengandalkan dua gelandang kreatif nan enerjik seperti Fredy Guarin dan Esteban Cambiasso, Inter diprediksi akan menguasai lini tengah dan tampil lebih dominan dibandingkan para pemain Milan.

Di musim ini, Milan memang diperkuat pemain-pemain terkenal. Namun mereka seakan belum kompak dalam memeragakan strategi yang diperintahkan oleh sang pelatih. Khususnya di lini belakang dan tengah, Milan masih sering kedodoran.

Di lini pertahanan, duet bek tengah Milan yang sering diperankan oleh Philippe Mexes dan Christian Zapata terlihat mudah ditembus lawan. Sementara lini tengah yang kerap ditempati Nigel De Jong, Ricardo Montolivo, dan Sulley Muntari dianggap belum memberikan kinerja yang memuaskan dan masih lemah saat membantu pertahanan tim.

Kondisi buruk Milan berlanjut ketika beberapa pemain andalan mereka dipastikan tak bisa tampil di laga bertajuk Derby della Madoninna ini. Nama-nama seperti Robinho, Ignazio Abate, Valter Birsa, dan Stephan El Shaarawy tak akan tampil karena masih bekutat dengan masalah cedera.

Keadaan itu tentunya akan dimanfaatkan kubu I Nerazzurri. Kepemimpinan Cambiasso di lini tengah dan ketangguhan Guarin sebagai gelandang serang nampaknya akan menyulitkan Milan di laga kali ini.

Namun Inter juga wajib waspada. Sebab skuat Milan musim ini diisi oleh beberapa mantan punggawa Inter seperti Mario Balotelli, Sulley Muntari, dan Andrea Poli. Ketiga pemain itu tentunya akan jadi andalan Allegri demi menemukan kelemahan dari sang rival. Apalagi jika Milan memainkan Giampaolo Pazzini dan Matias Silvestre. Inter sepertinya akan kesulitan menerapkan penampilan terbaik karena sudah terbaca oleh para pemain lawan.

Andai bisa menang, Milan berpeluang untuk menempati peringkat delapan. Namun jika sebaliknya, tim berjuluk I Rossoneri itu terancam digusur oleh Parma, Atalanta, atau Sampdoria.

Di sisi lain, Inter bisa naik ke peringkat empat andaikan mereka menang di laga kali ini. Tapi jika kalah, tim milik Erick Thohir itu akan turun ke peringkat tujuh dan digeser oleh Hellas Verona yang saat ini sudah mengantungi raihan 26 poin. (Van)

Prakiraan formasi:
Inter Milan: Handanovic; Jonathan, Ranocchia, Juan Jesus, Nagatomo; Zanetti, Cambiasso, Kovacic; Guarin, Taider; Palacio

AC Milan: Abbiati; De Sciglio, Bonera, Zapata, Constant; Poli, De Jong, Muntari; Montolivo, Kaka; Balotelli

Head to Head
25 Februari 2013 Inter Milan 1 - 1 AC Milan Serie A
08 Oktober 2012 AC Milan 0 - 1 Inter Milan Serie A
07 Mei 2012 Inter Milan 4 - 2 AC Milan Serie A
16 Januari 2012 AC Milan 0 - 1 Inter Milan Serie A
06 Agustus 2011 AC Milan 2 - 1 Inter Milan Piala Super Italia

Lima Laga Terakhir Inter Milan
16 Desember 2013 Napoli 4 - 2 Inter Milan Serie A
09 Desember 2013 Inter Milan 3 - 3 Parma Serie A
05 Desember 2013 Inter Milan 3 - 2 Trapani Coppa Italia
01 Desember 2013 Inter Milan 1 - 1 Sampdoria Serie A
25 Nopember 2013 Bologna 1 - 1 Inter Milan Serie A

Lima Laga Terakhir AC Milan
17 Desember 2013 AC Milan 2 - 2 AS Roma Serie A
12 Desember 2013 AC Milan 0 - 0 Ajax Amsterdam Liga Champions
08 Desember 2013 Livorno 2 - 2 AC Milan Serie A
01 Desember 2013 Catania 1 - 3 AC Milan Serie A
27 Nopember 2013 Celtic 0 - 3 AC Milan Liga Champions

sumber :liputan6.com