Leverkusen Atau Muenchen yang Berhasil Mengulang Sejarah?

Leverkusen Atau Muenchen yang Berhasil Mengulang Sejarah? - Laga pekan ke-8 Bundesliga akan menyuguhkan pertandingan menarik antara Bayer Leverkusen kontra Bayern Muenchen di BayArena, Leverkusen pada Sabtu (5/10/2013) malam WIB.


Dalam laga terakhirnya, kedua tim sama-sama meraih hasil positif. Keduanya sama-sama meraih kemenangan di ajang Liga Champions, Leverkusen menang 2-1 atas Real Sociedad. Sementara Muenchen menang telak 3-1 di kandang Manchester City.

Sejak dikalahkan Borussia Dortmund di ajang Piala Super Jerman di awal musim ini, nyaris Muenchen tak pernah lagi menelan kekalahan sejak diasuh Pep Guardiola.

Masuknya Mario Gotze dan bugarnya Toni Kroos akan menjadi ancaman bagi Leverkusen. Mengingat mereka adalah dua gelandang kreatif asal Jerman yang akan bisa memporak-porandakan BayArena jika tidak mendapatkan pengawalan yang ketat.

Oleh karena itu, Sammy Hyypia sebagai pelatih harus menginstruksikan Omer Toprak untuk berkonsentrasi penuh agar dapat membendung serangan FC Hollywood.

Hal ini sudah terbukti dari pertandingan terakhir mereka. Pada saat itu kedua tim bermain imbang 1-1 melalui gol yang diciptakan Mario Gomez dan Rolfes.

Karena ketidaksiapan dari lini belakang Leverkusen, gelandang muda mereka Wollscheid membuat gol bunuh diri da mengakibatkan mereka harus takluk dari Muenchen dengan skor 2-1.

Pertandingan itu memperpanjang rekor kemenangan Munchen menjadi tiga dari lima kali pertemuan terakhir, sedangkan Leverkusen hanya mencatatkan dua kali saja.

Saat ini, kedua tim ini sama-sama berada di puncak klasemen Bundesliga musim 2013/14. Saat ini Bayern Leverkusen berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 18 angka. Muenchen berada diatas mereka diperingkat kedua dengan raihan 19 poin.

Menilik dari skuat yang ada, keduanya memiliki pemain yang relatif imbang. Leverkusen memiliki Sydney Sam, Heung-Min Son dan Stefan Kiessling menjadi trisula maut pada awal musim ini.

Sementara Muenchen masih akan bertumpu pada trio maut yaitu Frank Ribery, Arjen Robben dan Mario Mandzukic yang menjadi trisula maut Muenchen musim ini.

Dengan skuat yang ada baik Muenchen dan Leverkusen sama-sama memiliki peluang yang sama. Walaupun, Muenchen harus bertandang ke markas Leverkusen pada pertandingan nanti.

Pertanyaan sekarang, apakah Leverkusen mengulangi keberhasilannya musim lalu, saat mereka berhasil menjadi satu-satu timnya yang berhasil mengalahkan Muenchen di musim 2012/13? Atau justru Muenchen dapat meraih poin penuh seperti musim lalu? (Jef)

Perkiraan sementara susunan pemain Leverkusen vs Muenchen:

Bayer Leverkusen (4-3-3): B.Leno , E.Spahic, G.Donati, R.Hilbert, O.Toprak, L.Bender, J.Hegeler, S.Sam, Heung-Min Son, S.Kiebling, E.Derdiyok.

Bayern Muenchen (4-3-3): Manuel Neuer, Dante, Rafinha, Jerome Boateng, Philipp Lahm, David Alaba, Franck Ribery, Arjen Robben, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Mario Mandzukic.

sumber :liputan6.com